Selasa, 12 November 2019

Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut




ASAL USUL CIKAJANG


 Menurut cerita orang-orang tua, di lembah (lengkop) terdapat sebuah sungai besar yang merupakan telaga (konon ceritanya sekarang letak sungai besar tersebut anatar Pulo sampai dengan Areng), dimana hilir mudiknya masyarakat melewati sungai tersebut menggunakan 2 (dua) perahu yang disatukan menyurapai rakit dan pakai tutup, yang disebut KAJANG. Sungai dalam bahasa Sunda disebut CI – sehingga terkenal daerah ini hingga sekarang CIKAJANG.
Suatu bukti bahwa terdapat adanya sungai besar adalah terkenal nama Kampung Cikajang Peuntas. Konon cerita lain dari orang-orang tua, bahwa pada alur sungai yang disebutkan di atas pada mulanya padi tumbuh baik, hasil panennya sangat menggembirakan. Namun suatu saat Mbah Nurbain, Seba ke Sultan Cirebon yang dibawa bukan padi hasil panen yang ditanam, namun pada asal turiang (tunggul yang tumbuh padi) tentu kwalitas yang tidak baik. Saat itu terjadi sapa “ di Kampung tempatmu sebenarnya bukan ajangnya menanam padi. Sejak saat itu padi tumbuh tapi tidak menghasilkan (hampa), namun jangan khawatir bahwa nanti tempatmu akan jadi ajang pendatang yang dapat memberikan rizki, membawa berbagai hasil panen ”.
Sehingga tempat ini diambil dari kata CI = Sungai dan Ajang tempatnya Pendatang. Selanjutnya menjadi Cikajang yang akhirnya terkenal CIKAJANG.

PERTUMBUHAN PEMERINTAHAN KECAMATAN CIKAJANG

          Wilayah Kecamatan Cikajang yang sekarang, menurut sejarah pertumbuhannya tidak terlepas pula dari pertumbuhan Kabupaten Garut. Dimana Kabupaten Garut merupakan Wilayah Urban dari penggabungan distrik-distrik dari 4 (empat) Kabupaten yaitu Bandung, Sumedang, Limbangan dan Tasikmalaya (Sukapura).
Pada tahun 1813 salah satu Wilayah Kewedanaan/Distrik yaitu Kewedanaan Batuwangi yang berkedudukan di Banjarwangi adalah salah satu Kewedanaan dari Kabupaten Sukapura (Tasikmalaya) di gabungkan ke Kabupaten Garut, meliputi Kecamatan Singajaya dan Batuwangi.
Stelah Wilayah ini berada dalam Wilayah Kabupaten Garut, Kewedanaan Batuwangi ini dihapuskan serta Kecamatan Batuwangi digabungkan termasuk ke Wilayah Kewedanaan Cikajang. Pada tahun 1935 Kecamatan Batuwangi dihapuskan, desa-desa digabungkan ke Kecamatan Singajaya dan Cikajang sehingga Kecamatan Cikajang, Kewedanaan Cikajang meliputi desa-desanya :
 KecamatanCikajangmerupakansalahsatudari 42 Kecamatan di KabupatenGarut yang terdiri dari 12Desadan memiliki luas wilayah12.790.78 Ha serta berada pada ketinggian 1.200-1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan suhu rata-rata 19-20° C (derajat celcius).

Adapun batas wilayah Kecamatan Cikajang adalah sebagai berikut :
1.  Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Cigedug dan Kecamatan Cisurupan
2.Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Pakenjeng dan Kecamatan Cihurip
3.Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Banjarwangi dan Kecamatan Cigedug
4.Sebelah Barat berbatasan dengan  Kecamatan Pamulihan 

OBJEK WISATA YANG ADA DI KECAMATAN CIKAJANG
1. Curug Orok 

2. Curug Sanghiyang Taraje

3. Batu Tumpang 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar